Opini  

Peran Manajemen Keuangan Dalam Bisnis

Ilustrasi managemen keuangan. (Foto: Net)

Oleh : Siti Mushlihah (Mahasiswa fakultas Ekonomi dan Bisnis islam UIN Raden Intan Lampung)

Setiap orang yang ingin membangun bisnis, baik bisnis kecil maupun bisnis besar, tentunya kita membutuhkan uang. Uang merupakan modal yang tidak bisa dipisahkan dari suatu bisnis.

Setelah memiliki modal, kita juga wajib belajar mengelola keuangan. Hal ini bertujuan supaya bisnismu tidak terancam gagal. Maka dari itu,  di dalam dunia bisnis kita perlu memahami sistem pengelolaan manajemen keuangan.

Secara garis besar, manajemen keuangan merupakan segala aktivitas yang berkaitan dengan perencanaan, pengelolaan, pengarahan, serta pengendalian dana dan aset yang dimiliki perusahaan. Maka dari itu, peran manajer keuangan sangat utama dan dibutuhkan di dalam suatu perusahaan. Manajer keuangan sendiri merupakan seseorang yang mengatur dan mengambil keputusan dalam manajemen keuangan, membuat strategi dan keputusan, serta mengaplikasikannya untuk mencapai tujuan perusahaan.

Peran Manajemen Keuangan dalam Bisnis

  1. Perencanaan (planning)

Untuk membangun sebuah bisnis, pastinya kita membutuhkan perencanaan yang sangat matang. Dalam perencanaan, keberadaan manajemen keuangan akan membantu dalam mencapai tujuan finansial perusahaan.

  1. Alokasi dana (budgeting)

Alokasi dana atau budgeting adalah penyusunan anggaran secara sistematis yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan dan berlaku dalam suatu periode tertentu. Budgeting dapat mencegah penyalahgunaan anggaran yang dapat merugikan perusahaan.

  1. Pengendalian (controlling)

Dalam manajemen keuangan, controlling adalah proses evaluasi serta perbaikan terkait keuangan perusahaan. Saat perusahaan mengalami masa kritis pun, fungsi controlling dapat membantu perusahaan menemukan cara yang tepat untuk mengelola dana darurat.

  1. Pemeriksaan (auditing)

Auditing merupakan proses pemeriksaan keuangan perusahaan. Pada fungsi manajemen keuangan yang satu ini, perusahaan dapat mengetahui apakah terjadi penyimpangan atau tidak.

  1. Laporan (reporting)

Fungsi terakhir yang nggak boleh ketinggalan adalah laporan atau reporting. Yup, tanpa adanya laporan keuangan yang jelas, sebuah perusahaan pun nggak akan bisa berkembang. Reporting dalam manajemen keuangan sendiri adalah proses membuat laporan yang bertujuan untuk mengetahui data-data pemasukan serta pengeluaran pada periode waktu tertentu

Editor: redaksi