Program Safari Ramadhan Bank Aceh Sasar Aceh Hingga Medan

Salah satu aksi Bank Aceh pada kegiatan Safari Ramadhan Berkah Bank Aceh yang menyasar seluruh wilayah Aceh termasuk Medan dan Jakarta.(Foto Humas Bank Aceh)

BANDA ACEH – Semarakkan Ramadan 1444H, Bank Aceh mengusung program Safari Ramadan Berkah Bank Aceh. Program ini merupakan andil Bank Aceh untuk membangun semangat kebersamaan serta memberikan kontribusi bagi kehidupan religi dan sosial.

Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota yang ada di Aceh, sekaligus di wilayah Medan, dan Jakarta di sepanjang ramadan.

“Program Ramadan Berkah menjadi momentum yang tepat mempererat kebersamaan dan bersilaturahmi serta berkontribusi bagi kehidupan sosial di tengah suasana Ramadan,” kata Pemimpin Divisi Sekretariat Perusahaan Bank Aceh, Said Zainal Arifin, Rabu (29/03/2023).

Dijelaskan, Program Ramadan Berkah Bank Aceh mengusung lima program besar yang melibatkan komunitas maupun masyarakat, yaitu Safari Masjid, Iftar Berkah, Waqaf Quran, Saweu Syedara, dan Ramadan on Youtube.

Program dilaksanakan secara mandiri maupun melibatkan masyarakat dan komunitas.

Said mengatakan, program Safari Masjid merupakan dukungan Bank Aceh untuk mendorong dan membangkitkan aktivitas di masjid, baik secara langsung maupun melalui sejumlah ekosistem halal.

Disamping menjadi pusat ibadah, menurutnya masjid juga dapat menjadi pusat tumbuhnya ekonomi dengan adanya kegiatan zakat, infak, sedekah, dan wakaf.

“Melalui program ini, kami berharap nantinya Bank Aceh juga dapat memberikan kontribusi bagi aktivitas di masjid sehingga ibadah jamaah semakin khusyuk dan semarak,” ujar Said.

Sementara itu, ditambahkan Said, Program Iftar Berkah merupakan aktivitas yang rutin dilaksanakan di seluruh wilayah Aceh melalui pembagian takjl bagi komunitas maupun masyarakat yang membutuhkan.

“Kali ini, melalui program iftar berkah, kami akan memperluas jangkauan bagi para penerima yang membutuhkan,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan Saweu Syedara merupakan aktivitas religius untuk meningkatkan ukhuwah di antara masyarakat dan Bank Aceh.

“Melalui program ini, keluarga besar Bank Aceh bersama masyarakat berbaur dalam aktivitas sosial di sejumlah fasilitas publik,” ujarnya.

Ramadan kali ini, kata Said, Saweu Syedara akan difokuskan pada kegiatan sosial menjelang berbuka puasa bersama dengan masyarakat di sejumlah masjid, meunasah, dan dayah, maupun fasilitas publik yang ada.

Tak lupa, melalui wakaf Quran, Bank Aceh juga akan melaksanakan pemberian kitab suci Alquran ke sejumlah rumah ibadah, lembaga pendidikan, dan fasilitas publik yang membutuhkan.

“Ini tentunya salah satu program penting yang bertujuan untuk kemaslahatan umat,” ujar Said.

Sedangkan Ramadan on youtube merupakan salah satu platform media yang disediakan oleh bank aceh melalui akun bankacehofficial untuk merangkum sejumlah aktifitas Ramadan yang berlangsung di seluruh Aceh.

“Ramadan on youtube menjadi kanal yang disediakan bagi seluruh masyarakat yang tidak dapat menyaksikan secara langsung. Kanal ini sekaligus menjadi media informatif untuk mendokumentasikan sejumlah atktifitas di sepanjang Ramadan,” ujar Said.[]

Penulis: saiful anwarEditor: Muhammad Hamzah