Aceh Barat Raih Penghargaan Universal Health Coverage Award 2023

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyerahkan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023 kepada Pj Bupati Aceh Barat Mahdi Efendi di Balai Sudirman, Jakarta, Rabu, 15 Maret 2023. (Foto: Dok. Humas Aceh Barat)

MEULABOH – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023. Penghargaan ini diserahkan oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, melalui Menteri dalam negeri Jenderal Polisi (purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, BA., MA., Ph.D., di Balai Sudirman Jakarta kepada PJ. Bupati Aceh Barat Drs. Mahdi Efendi.

Hal ini lantaran Pemkab Aceh Barat sudah mencapai lebih 95 persen cakupan Semesta Jaminan Kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) sebagaimana sudah ditetapkan pemerintah pusat.

Universal Health Coverage (UHC) merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif bermutu dengan biaya terjangkau. Cakupan kesehatan semesta bukan hanya pencapaian jumlah orang yang dicakup oleh Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Mahdi Efendi mengungkapkan, UHC merupakan perwujudan tiga hal yang saling berhubungan yakni, kesamaan akses pelayanan, kesehatan setiap orang yang membutuhkan akan mendapatkan pelayanan kesehatan, bukan hanya bagi mereka yang mampu membayar saja, katanya Rabu, (15-03-2023)

“Memperhatikan kualitas pelayanan kesehatan yang baik dan terus meningkat bagi peserta yang menerima pelayanan. Dan memastikan bahwa biaya pelayanan kesehatan yang digunakan tidak membuat masyarakat dalam kerugian finansial,” pungkasnya

Pihaknya mengaku sangat bersyukur karena mampu meraih UHC pada tahun 2023 ini “Alhamdulillah Pemkab Aceh Barat sudah UHC atau memastikan bahwa sistem jaminan kesehatan setiap warga memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau,” akunya.

Ia berharap pola ini terus dikembangkan dan berkomitmen pada tahun-tahun berikutnya untuk tetap mempertahankan penghargaan ini. “Kami berkomitmen bagaimana selalu mengedukasi masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta jaminan kesehatan untuk daftar dan komitmen Pemkab dalam hal penganggaran tiap tahunnya,” tandasnya.

Penulis: saputraEditor: saiful anwar