Almuniza: ACF 2023 Maksimalkan Partisipasi Sektor Swasta

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh resmi meluncurkan Khazanah Piasan Nanggroe (KPN) 2023. (Foto: Disbudpar Aceh)

JAKARTA – Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh resmi meluncurkan Khazanah Piasan Nanggroe (KPN) 2023 di Anjungan Aceh Taman Mini Indonesia Indah (TMII), DKI Jakarta, Selasa, 28 Februari 2023.

Acara seremonial peluncuran kalender event wisata dan budaya ini resmi diluncurkan oleh Pj Gubernur Aceh yang diwakili Kepala Dinas Perkim Aceh, Muhammad Adam didampingi Kadisbudpar Aceh, Almuniza Kamal dan sejumlah tokoh nasional yang berdomisil di Jakarta dengan penabuhan rapai.

Para tamu dan undangan Khazanah Piasan Nanggroe 2023 dijamu dengan khanduri kuah beulangong (makan bersama kuliner khas Aceh kari daging). Khanduri kuah beulangong ini merupakan rangkaian kegiatan penjaringan sponsor dari event Aceh Culinary Festival yang rencananya digelar pada Juli mendatang.

Kegiatan ini menjadi bagian dari proposal sponsorship yang ditawarkan, di mana para sponsor potensial mendapatkan gambaran singkat kemeriahan ketika festival ini berlangsung.

Kadisbudpar Aceh, Almuniza mengatakan, festival kuliner tahunan yang telah dinobatkan sebagai TOP 10 event nasional selama 2 tahun berturut-turut ini mampu memikat pengunjungan sekitar 100 ribu lebih, dengan potensi transaksi ekonomi mencapai Rp 7-10 miliar.

“ACF salah satu program unggulan Disbudpar Aceh yang kita kawal perkembangannya sejak awal, berkolaborasi dengan pihak swasta akan semakin menguatkan ACF,” ujarnya.

Dalam peluncuran KPN 2023, turut hadir Dirjen Bina Adwil Kemendagri, Safrizal ZA, Ketua Forbes DPD/DPR RI asal Aceh, Nasir Djamil, mantan Menteri Agama RI, Fachrul Razi, mantan Pj Gubernur Aceh periode 2004-2007, Mustafa Abubakar.

Kemudian Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini, tokoh Aceh di Jakarta, T Safli Didoh, Sulaiman AB, para bupati/wali kota dan Kadisbudpar di Aceh, serta ratusan masyarakat Aceh dan tamu undangan lainnya.

Penulis: ZickryEditor: Muhammad Hamzah