Tujuh Cabang MTQ Tingkat Kecamatan Semadam Diselenggarakan

Plt Sekretaris Daerah, Yusrijal ST membuka acara MTQ tingkat kecamatan tahun 2023. Yang diselenggara di halaman kantor camat setempat. (Foto: Mediasatunews.com)

MEDIASATUNEWS | ACEH TENGGARA – Sebanyak Tujuh Cabang Musabaqah Tillawatul Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Semadam terdiri 235 peserta ikut berpartisipasi, Selasa 18 juni 2023, di halaman kantor camat setempat, Malam.

Adapun peserta dilombakan terdiri dari cabang yang dipertandingkan yakni, Tilawah 42, Hifzil Qur’an 48, Fahmil Qur’an 33, Syarhil Qur’an 27, karya tulis ilmiah Qur’an 23, Azan 33 dan Busana Muslim 40 orang.

Camat Semadam, Ary Syafrizal S.stp M.si mengatakan Sebanyak Tujuh Cabang Musabaqah Tillawatul Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan terdiri 235 peserta ikut berpartisipasi. Dengan berdasarkan keputusan Camat Semadam nomor :141/63/SK/MTQ/2023 tentang pembentukan dewan hakim.

Dikatakan Syafrizal, acara MTQ ini untuk menggali potensi minat dan bakat menuju generasi qur’an yang unggul cerdas dan berakhlaqul karimah, di kecamatan semadam.

Menurut dia, dari 7 cabang yang nanti ikut di perlomba ditingkat Kabupaten, cabang Hifzil Qur’an adalah cabang Favorit pada gelar MTQ se-Kecamatan Semadam karena memiliki peserta atau kafilah terbanyak dari cabang lainnya yakni, sebanyak 48 peserta, kata Ari Syafrizal usai Acara pembukaan kepada MediaSatu, Selasa 18 Juli 2023 malam

Plt Sekretaris Daerah, Yusrijal ST sekaligus membuka acara MTQ tingkat kecamatan tahun 2023, mengatakan Musabaqah tilawatil qur’an (MTQ) sudah tidak asing lagi bagi masyarakat dan umat islam di khususnya di kabupaten aceh tenggara, karena MTQ merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun dari tingkat desa, kabupaten, provinsi hingga nasional maupun internasional.

Tentunya pelaksanaan musabaqah ini tidak hanya sekedar bermakna sebagai peneguhan syiar islam saja, tetapi lebih jauh diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil atau outcome dari kegiatan pembelajaran al- qur’an yang berlangsung di masyarakat yang tersebar di aceh khususnya di kecamatan semadam ini.

Selain menjadi media dakwah dan syiar Keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong memacu atau kedamaian serta mewarnai akhlakul karimah masyarakat hingga saat ini.

“Selamat bermusabaqah”, semoga allah yang maha pemurah, senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-nya kepada bangsa dan negara kita. Terutama kabupaten Aceh Tenggara.

Dikatakan Yusrijal, acara MTQ ini akan dilakukan di 16 kecamatan untuk menghadapi MTQ di kabupaten nanti yang akan dimulai pada awal Agustus mendatang, kata Yusrijal. []

Penulis: PardiEditor: Abdul Hadi