Pemkab Aceh Barat Sembelih 38 Ekor Kerbau untuk Qurban

Penjabat Bupati Aceh Barat Drs Mahdi Efendi menyerahkan secara simbolis hewan qurban (kerbau) tersebut kepada ketua Panitia qurban Senin (17/06/2024) di halaman Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh. (Foto: Dok. Humas Aceh Barat)

MEDIASATUNEWS | ACEH BARAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat menyembelih sebanyak 38 ekor kerbau dalam pelaksanaan ibadah qurban tahun ini.
Kerbau-kerbau tersebut disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) milik pemerintah setempat.

Penjabat Bupati Aceh Barat Drs Mahdi Efendi menyerahkan secara simbolis hewan qurban (kerbau) tersebut kepada ketua Panitia qurban Senin (17/06/2024) di halaman Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh.

Bahkan Pj Bupati Aceh Barat itu juga menyaksikan proses penyembelihan serta penyiapan daging untuk dibagikan.

Mahdi menjelaskan, tahun ini sistem pendistribusian daging qurban mengalami perubahan. Semua sapi akan dipotong di RPH yang telah ditunjuk sebagai tempat resmi pelaksanaan ibadah qurban. Setelah dipotong, daging-daging tersebut akan ditumpuk sebelum didistribusikan kepada masyarakat penerima manfaat.

Mahdi juga menambahkan, bahwa upaya ini bertujuan untuk memastikan efisiensi dalam pelaksanaan qurban serta memudahkan distribusi kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Proses pendistribusian ini diharapkan dapat berjalan lancar dan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan,” ucap Mahdi.

Keputusan untuk menyatukan lokasi pemotongan dan penumpukan daging qurban ini mendapat sambutan positif dari berbagai pihak, karena dianggap dapat mempercepat dan mengoptimalkan proses distribusi kepada seluruh penerima manfaat secara tepat dan terukur.

Dengan demikian, masyarakat di Kabupaten Aceh Barat dapat menjalankan ibadah qurban tahun ini dengan lebih teratur dan efisien, sekaligus menjamin ketersediaan daging qurban yang berkualitas bagi yang membutuhkan.

Setelah prosesi penyerahan hewan qurban selesai, Penjabat Pj Bupati Mahdi langsung kembali ke Meuligoe menyambut kedatangan masyarakat yang ingin bersilaturahmi dengannya. Acara ini menjadi momentum penting dalam merayakan semangat Idul Adha dan mempererat hubungan antara pemimpin dan warganya.

“Kami sangat senang bisa berbagi momen istimewa Idul Adha bersama saudara-saudara kita di sini. Semoga semangat kebersamaan yang terjalin hari ini akan terus kita pupuk dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Mahdi.

Acara silaturahmi di Meuligo Bupati tidak hanya menjadi ajang untuk bertatap muka dengan masyarakat, tetapi juga sebagai wadah untuk mendengarkan aspirasi dan masukan dari berbagai elemen masyarakat.

“Hal ini sesuai dengan komitmen pemerintah daerah dalam membangun pelayanan yang lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” pungkas Mahdi. []

Penulis: redaksiEditor: redaksi