APAM Desak Pemerintah Pusat Segera Bangun Venue PON XXI di Aceh

Aliansi Pemuda Aceh Menggugat (APAM) melakukan aksi demo di Bundara Simpang Lima Kota Banda Aceh, Sabtu, 8 April 2023. (Foto: Dok. APAM)

BANDA ACEH – Aliansi Pemuda Aceh Menggugat (APAM) melakukan aksi demo menuntut keseriusan pemerintah pusat soal anggaran PON XXI Aceh – Sumut, aksi ini dilakukan di bundaran simpang lima, Kota Banda Aceh, Sabtu, 8 April 2023.

Sebanyak tujuh puluh orang peserta demo yang berada di lokasi meminta pemerintah pusat segera mengucurkan anggaran untuk pembangunan venue PON di Aceh sesegera mungkin.

“Venue olahraga harus menjadi prioritas untuk Aceh, karena PON merupakan salah satu ajang olahraga terbesar di Indonesia dan itu memerlukan biaya yang besar untuk penyelenggaraannya,” kata Syarbaini perwakilan APAM, dalam orasinya di bundaran simpang lima.

Kata Syarbaini, pelaksanaan PON XXI semakin mepet dan hanya tersisa waktu untuk persiapan sekitar 1 tahun 8 bulan lagi. Namun, hingga kini belum ada satupun venue yang dibangun pemerintah pusat di Provinsi Aceh.

APAM dalam kesempatan itu meminta Presiden RI Joko Widodo untuk menepati janjinya membangun stadion utama PON XXI Aceh – Sumut di kawasan Neuheun, Aceh Besar.

“Pemerintah Aceh harus melobi presiden untuk menepati janjinya. Mari berharap ada dorongan dari Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki ataupun Dispora Aceh agar venue PON XXI segera dibangun,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Pemerintah menujuk Aceh dan Sumatera Utara menjadi tuan rumah bersama penyelenggara PON di tahun 2024 mendatang. PON XXI Aceh – Sumut akan mempertandingkan 65 cabang olahraga di kedua Provinsi tetangga tersebut. []