Wakili Pj Bupati, Sekda Aceh Barat Buka Raker FKDM

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Badan Kesbangpol Aceh mengadakan Rapat Kerja Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten/kota angkatan ke-V yang dilaksanakan di Aula DP3AKB Aceh Barat, Selasa (17-10-2023).

MEDIASATUNEWS | MEULABOH – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Badan Kesbangpol Aceh mengadakan Rapat Kerja Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten/kota angkatan ke-V yang dilaksanakan di Aula DP3AKB Aceh Barat, Selasa (17-10-2023).

Pejabat Bupati Aceh Barat Drs Mahdi Effendi yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Marhaban mengatakan, Pemkab Aceh Barat, menyambut baik atas terlaksananya forum kewaspadaan dini masyarakat Kabupaten kota angkatan kelima tahun 2023 ini.

Dikatakannya, forum ini dapat menjadi sarana untuk membangun sinergitas menggalang kewaspadaan dan deteksi dini terhadap isu-isu aktual saat ini. Sekaligus meningkatkan upaya pencegahan potensi konflik dalam mendukung terciptanya suasana aman dan kondusif di kabupaten Aceh Barat.

Marhaban menambahkan, bila dicermati bersama dinamika kehidupan bermasyarakat saat ini, menuntut kita untuk meningkatkan kewaspadaan, kepekaan dan deteksi dini, agar setiap persoalan dapat direspon dan diselesaikan dengan cepat dan tepat.

Menurutnya, rapat kerja forum kewaspadaan dini masyarakat ini menjadi suatu agenda penting, sebagai langkah untuk memetakan berbagai isu dan permasalahan yang terjadi. Terlebih dalam menghadapi pelaksanaan Pemilu tahun 2024 mendatang.
Karena itu ia mengharapkan kepada semua lapisan masyarakat ,dapat menciptakan rasa aman dan nyaman serta turut memberi kontribusi bagi terciptanya stabilitas nasional.

Dikatakannya, selama ini Aceh Barat dalam kondisi yang sangat kondusif. Hal ini tentunya terjadi berkat kerjasama seluruh pemangku kepentingan yang ada di kabupaten Aceh Barat. “Baik TNI/Polri maupun organisasi masyarakat,” ujarnya

Iya meminta forum ini menjadi garda terdepan dalam menghadapi dinamika dan perkembangan situasi menjelang tahun politik 2024, khususnya meminimalisir polarisasi dan potensi meningkatnya eskalasi konflik di tengah masyarakat. []

Penulis: Orian SaputraEditor: redaksi