Puskesmas Blang Bintang Raih Predikat Paripurna Dari Kemenkes RI

Tim Lembaga Komite Akreditasi Kesehatan Pratama (KAKP), Aceh Besar, Selasa (09/01/2024) FOTO/ MC ACEH BESAR

MEDIASATUNEWS | JANTHO – Puskesmas Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar berhasil meraih predikat paripurna dalam akreditasi tahun 2023. Predikat paripurna merupakan predikat tertinggi dalam akreditasi Puskesmas yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Rebuplik Indonesia, Aceh Besar, Selasa (09/01/2024).

Akreditasi Puskesmas merupakan proses penilaian terhadap mutu pelayanan Puskesmas. Akreditasi Puskesmas dilakukan oleh Lembaga Komite Akreditasi Kesehatan Pratama (KAKP).

Pada kesempatan tersebut, Kepala Puskesmas Blang Bintang T.M Jakfar SKM mengatakan, Proses akreditasi Puskesmas dinilai berdasarkan standar akreditasi Puskesmas yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan.

“Standar akreditasi Puskesmas terdiri dari 5 bab yang mencakup berbagai aspek pelayanan kesehatan, seperti kepemimpinan dan manajemen puskesmas, upaya kesehatan masyarakat, upaya kesehatan perorangan, program prioritas nasional, dan peningkatan mutu puskesmas,” katanya.

Jakfar menyebutkan, bahwa keberhasilan Puskesmas Blang Bintang meraih predikat paripurna merupakan hasil kerja keras dan dukungan dari berbagai pihak.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Lembaga Akreditasi, Pj Bupati Aceh Besar, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Besar beserta staff, Camat Blang Bintang, Polsek, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan Lintas Sektoral dan seluruh masyarakat yang telah mendukung kami,” sebutnya.

Ia menambahkan, Keberhasilan Puskesmas Blang Bintang meraih predikat paripurna merupakan kabar baik bagi seluruh masyarakat.

“Ini menunjukkan bahwa Puskesmas telah memenuhi standar akreditasi secara keseluruhan dan memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat,” sebut Jakfar.

Ia berharap, dengan adanya akreditasi ini, Puskesmas Blang Bintang dapat terus berbenah menjadi lebih baik dalam melayani masyarakat.

“Kami akan terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” harap jakfar. (**)

Penulis: ZickryEditor: redaksi