Daerah  

Pj Bupati Antusias Investor Luar Negeri Bisa Majukan Aceh Barat

Pertemuan dengan Investor asing di Meuligoe Gubernur Aceh, Jumat (19/05/2023

BANDA ACEH – Pengusaha asal Perancis PT. AKA Sinergi Group dan juga perusahaan asal Korea dan China menjajaki investasi di Aceh. Kehadiran investor asal luar negeri ini diharapkan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki pemerintah kabupaten Aceh Barat.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Drs. Mahdi Efendi mengatakan menyambut baik investor yang mau berinvestasi di Aceh Barat.

“Mereka tertarik untuk bisa bekerja sama dalam bidang kesehatan, pengelolaan sampah, energi, teknologi, pariwisata dan lain-lain,” kata Mahdi Efendi usai melakukan pertemuan dengan Sekda Aceh dan para Bupati se-aceh, pihak perusahaan asing di Meuligoe Gubernur Aceh, Jumat (19/05/2023).

Pertemuan itu bertajuk , Rebranding Pembangunan dan Ekonomi Aceh Sebagai Pusat Wisata .
Ajang itu juga diikuti oleh Pj Gubernur Aceh secara virtual,.

Aceh Barat sendiri kata Mahdi, akan menindaklanjuti pertemuan itu terkait pembangunan listrik dengan penggunaan sampah sebagai bahan bakar (pembangkit listrik tenaga sampah) dan potensi alam laut berupa ikan.

“Sampah kini menjadi salah satu permasalahan yang perlu dilakukan penanganan serius, namun kita berupaya sampah ini bisa menjadi sumber energi listrik yang bernilai ekonomis tinggi,” ujar Mahdi.

Mengingat kondisi sampah di Aceh yang umumnya belum terpilah dengan baik dari sumbernya, maka hal ini memerlukan perencanaan yang terintegrasi dari hulu ke hilir sejak awal dari Pemerintah daerah. Disamping itu juga ia mengharapkan dukungan semua pihak sesuai kewenangan masing masing,.

Mahdi menambahkan, pihaknya akan terus berkomunikasi secara intens dengan pihak calon investor dalam rangka menjajaki kerja sama dengan pihak luar terutama Perancis, Korea dan China dalam upaya penanganan sampah, penyediaan ikan, Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan penyediaan air bersih,.

Dalam upaya itu, ia juga akan bersinergi dengan kabupaten Aceh Jaya dan Nagan Raya, supaya penanganan sampah dapat memberikan kontribusi terhadap pendapatan daerah, solusi penanganan sampah yang modern dapat memberikan syafaat kepada daerah dan masyarakat, pungkasnya. []

Penulis: saiful anwarEditor: redaksi