Daerah  

Pj Bupati Aceh Besar Serahkan Bantuan BMA untuk Korban Angin Kencang dan Kebakaran

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM menyerahkan bantuan kepada korban musibah angin kencang dan Kebakaran di Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar, Kamis (1/6/2023). FOTO/ PROKOPIM PEMKAB ACEH BESAR

MEDIASATUNEWS | JANTHO – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto SSTP MM menyerahkan bantuan dari Baitul Mal Aceh (BMA) untuk korban musibah angin kencang dan Kebakaran yang ada di beberapa kecamatan di Aceh Besar, Kamis (1/6/2023).

Bantuan berupa uang tunai diserahkan kepada 37 Kepala Keluarga (KK) dengan rincian untuk Kecamatan Lembah Seulawah bantuan diserahkan untuk 13 kepala keluarga, Kuta Cot Glie 7 KK, Montasik 1 KK, Simpang Tiga 2 KK dan Kecamatan Seulimuem 14 KK.

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mengatakan, bantuan tersebut merupakan tindak lanjut dari permohonan dirinya kepada Pj Gubernur Aceh untuk dapat diberikan bantuan kepada korban kebakaran dan angin kencang yang menimpa beberapa kecamatan du Aceh Besar beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah Pak Gubernur langsung merespon cepat surat yang kami sampaikan, dan hari ini bantuan tersebut terealisasi yang diberikan melalui Baitul Mal Aceh,” tuturnya.

Selain itu, Pj Bupati juga mengharapkan agar masyarakat penerima bantuan dapat memanfaatkannya dengan baik, guna memenuhi kebutuhan hidup. “Mohon untuk dapat dimanfaatkan dengan baik dan tidak digunakan untuk hal yang sia-sia,” pinta Iswanto.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, yang diwakili oleh Abdussalam SSos MSi, Kabag Pemberdayaan Baitul Mal Aceh mengatakan, piihaknya selama ini terus bersinergi dengan Baitul Mal Aceh Besar dalam melakukan pendataan warga yang bisa mendapatkan bantuan dari dana zakat Baitul Mal.

“Baitul Mal Aceh bersinergi dengan Baitul Mal Aceh Besar, mulai dari pendataan warga yang tertimpa musibah, penyaluran bantuan hingga memastikan bantuan dimanfaatkan dengan baik oleh warga,” terangnya.

Turut hadir saat penyerahan bantuan tersebut Forkopimcam di tiga kecamatan, Baitul Mal Aceh dan Aceh Besar, Sekretaris Dinsos Aceh Besar, Kabag Prokopim Pemkab Aceh Besar, Kasubbag Pendayagunaan BMA Alfian Adami, M.Si, unsur TNI dan Polri serta pilar-pilar sosial.

Sementara Kadis Sosial Aceh Besar Bahrul Jamil SSos MSi, di konfirmasi wartawan mengatakan Pemkab Aceh Besar terus berupaya mencari anggaran dari sumber lain, selain dana APBK untuk membantu korban bencana alam maupun bencana sosial.

Hal itu seperti beberapa waktu lalu, pihaknya ikut mendampingi Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mengadakan pertemuan dengan Dirjen Linjamsos Kementerian Sosial RI.

“Saat itu kementrian menyambut baik serta sangat respons atas kunjungan Pj Bupati Aceh Besar. Dan bantuan dari Baitul Mal Aceh juga merupakan upaya mencari sumber lain yang dilakukan Pak Pj Bupati,” demikian BJ sapaan akrab Bahrul Jamil.(**)