Pemkab Aceh Barat Peringati Hari Otda ke-28

Sekretaris Daerah Marhaban, SE, M. Si memimpin upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 atau XXVIII, Kamis, 25 April 2024. (Foto: Dok. Ist)

MEDIASATUNEWS | MEULABOH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat, menggelar upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 atau XXVIII dengan tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat”.

Upacara tersebut dipimpin oleh Sekretaris Daerah Marhaban, SE, M. Si, mewakili Penjabat Bupati Aceh Barat, Mahdi Efendi, dan dihadiri oleh seluruh aparatur sipil negara di wilayah tersebut. Kamis, (25/04/2024).

Dalam arahan Mendagri dibacakan oleh Marhaban, ditekankan bahwa tema ini dipilih untuk memperkuat komitmen dalam membangun keberlanjutan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal, serta untuk mendorong model ekonomi yang ramah lingkungan demi masa depan yang berkelanjutan.

Mendagri juga mengingatkan tentang pentingnya memaknai kembali filosofi dan tujuan dari otonomi daerah, yang merupakan hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat.

Ia menambahkan, dalam konteks pembangunan kesejahteraan, desentralisasi diarahkan untuk memberikan pelayanan publik yang efektif, efisien, ekonomis dan terukur, dengan menekankan kekhasan daerah dan pemanfaatan sumber daya alam secara bijak dan berkelanjutan.

Marhaban juga mengingatkan tentang perlunya tata kelola pemerintahan yang partisipatif, transparan, akuntabel, dan responsif dalam mengimplementasikan kepentingan masyarakat.[]

Penulis: ZickryEditor: redaksi