Daerah  

Pemkab Aceh Barat Minta Petani Pilih Pompanisasi Saat Kemarau Tiba

Pj Bupati Aceh Barat Mahdi Efendi menawarkan solusi pompanisasi kepada petani jika musim kemarau tiba, Sabtu, 27 Mei 2023. (Foto: Humas Aceh Barat)

MEDISATUNEWS.COM | MEULABOH – Pemerintah Aceh Barat meminta para petani di Kabupaten setempat agar menggunakan pompanisasi sebagai antisipasi saat musim kemarau tiba sehingga gagal panen dapat diminimalisir.

Pompanisasi dapat menjadi solusi ketika air yang mengairi sawah mulai berkurang. Petani juga diimbau untuk menanam tanaman lain jika menanam padi tidak memungkinkan.

“Kemarin ini kan masih ada hujan, ini sudah mulai masuk musim menanam. Jika kekurangan air kami anjurkan untuk melakukan pompanisasi guna mengantisipasi dampak elnino,” kata Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Drs. Mahdi Efendi saat melakukan peninjauan lokasi pompanisasi untuk kebutuhan air sawah di Gampong Pasi Jambu, Kaway XVI Sabtu, 27 Mei 2023.

Pemerintah setempat mengkhawatikan kondisi cuaca yang ekstrim selama beberapa bulan terakhir sehingga dapat memicu petani gagal panen.

“Untuk itu kita mengajak petani agar bisa tetap bercocok tanam walaupun air sedikit, ” ucapnya.

Menurut Mahdi, ketersediaan air menjadi hal yang sangat penting dan harus diperhatikan oleh petani, karena sangat berpengaruh pada kondisi tanaman di sawah.

“Jika tanaman kekurangan air, maka akan berpengaruh pada jumlah anakan serta bulir padi akan kurang berisi dan pada akhirnya akan mempengaruhi produktivitas,” tutupnya. []

Penulis: saiful anwarEditor: redaksi