Keuchik Meninggal Saat Upacara HUT RI, Pj Bupati Aceh Barat Serahkan Santunan Kematian

Dok. Diskominsa

MEDIASATUNEWS | ACEH BARAT – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat bersama BPJS Ketenagakerjaan cabang Meulaboh menyerahkan santunan jaminan kematian dan beasiswa pendidikan bagi ahli waris Keuchik Gampong Gleung, Ansarin, yang meninggal dunia saat mengikuti upacara peringatan HUT ke-78 RI dIi lapangan bola kaki Gampong Gleung Kecamatan Sungai Mas.

Santunan jaminan kematian dan beasiswa pendidikan ini diserahkan oleh Bupati Aceh Barat Drs. Mahdi Efendi kepada ahli waris keuchik tersebut, dalam ini kepada istri dan anak-anak nya secara langsung di rumah duka, Jumat (18/08/2023)

Dalam kunjungan nya itu, Mahdi mengungkapkan kesedihan dan duka cita mendalam atas musibah yang menimpa seorang kepala desa di kecamatan sungai mas itu.
Mahdi bersaksi bahwa almarhum adalah orang baik dan sangat disegani di desa nya.

Ia mengatakan,, semua perangkat desa di Aceh Barat sudah didaftarkan kepesertaan BPJS ketenagakerjaan.
Namun harus menjadi peserta yang aktif, sehingga santunan yang didapatkan pada saat tertimpa musibah dapat dimanfaatkan oleh ahli warisnya. “Kita akan imbau semua perangkat desa agar ikut kepesertaan BPJS ketenagakerjaan ini” ucap Mahdi.

Mahdi menambahkan, besaran santunan kematian yang diserahkan kepada istri dan anak sebagai ahli waris sebesar seratus delapan belas juta rupiah dan juga memberikan beasiswa untuk kedua anaknya hingga ke perguruan tinggi, kata Mahdi.

Lebih lanjut ia mengatakan, penyerahan santunan jaminan kematian dan beasiswa pendidikan ini merupakan wujud nyata komitmen dan sinergi Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dan BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk seluruh perangkat desa dan tenaga kerja yang ada di Kabupaten Aceh Barat.

‚ÄúPergunakan santunan ini sebaik-baiknya untuk kebutuhan keluarga dan biaya pendidikan anak-anak. Semoga manfaat yang diterima oleh ahli waris ini dapat menyadarkan kita semua akan pentingnya perlindungan jaminan sosial bagi seluruh pekerja khususnya aparatur pemerintah desa di Kabupaten Aceh Barat,” ungkap Mahdi.

Sedangkan Kepala BPJS ketenagakerjaan Cabang Meulaboh Achmad Ramli juga turut menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya almarhum Ansari, Ia berdoa semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan dalam menghadapi musibah ini.

“Semoga santunan ini dapat bermanfaat bagi ahli waris dan santunan kematian ini diserahkan karena almarhum sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Achmad Ramli juga menyampaikan bahwa BPJS Ketenagakerjaan memiliki banyak program jaminan yang diberikan kepada pekerja penerima upah maupun pekerja mandiri. Jaminan Kematian (JKM) adalah salah satu program jaminan yang diberikan.

Ia berharap dengan adanya berbagai manfaat yang diberikan, masyarakat semakin sadar akan pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, tuturnya.

Pihak nya juga berterima kasih kepada pemerintah kabupaten Aceh Barat karena telah melakukan perlindungan jaminan sosial kepada masyarakat nya, tutup Achmad Ramli. []

Penulis: PutraEditor: Muhammad Hamzah