Gandeng 12 Perusahaan, Distransnaker Aceh Barat Gelar Job Fair

Foto: Dok. Diskominsa Aceh Barat.

MEDIASATUNEWS | ACEH BARAT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat melalui Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) menggelar Meulaboh Job Fair (Bursa Kerja) tahun 2023 dengan menggandeng 12 Perusahaan swasta guna menfasilitasi para pencari kerja yang di khususkan untuk masyarakat Aceh Barat.

Job fair yang dilaksanakan mulai tanggal 02 s/d 03 Agustus 2023 di Aula Kantor Distransnaker Kabupaten Aceh Barat itu dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat diwakili Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh Setdakab Aceh Barat, Mirsal, S.Sos., MSP, di halaman kantor Distransnaker Aceh Barat, Rabu (02-08-2023).

Sejenak dibuka, ribuan masyarakat tampak antusias dalam menghadiri penyelenggaraan job fair ini. Bahkan, lokasi registrasi dan stand dari berbagai perusahaan tampak ramai dikunjungi calon tenaga kerja yang akan mendaftar dan memperebutkan 27 posisi lowongan kerja sesuai dengan kualifikasi dari masing-masing perusahaan dan badan usaha.

Dalam sambutannya, Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh Setdakab Aceh Barat, Mirsal, mengapresiasi atas terlaksananya Meulaboh Job Fair ini, sebagai upaya untuk menyerap tenaga kerja dari Kabupaten Aceh Barat, sekaligus menjadi jembatan penghubung antara perusahaan dengan para pencari kerja dalam proses perekrutan tenaga kerja.

“Ini adalah suatu terobosan yang baik karena Job Fair seperti ini merupakan yang perdana kita laksanakan di Kabupaten Aceh Barat, bahkan di Barat selatan (Barsela), baru Aceh Barat yang telah melaksanakan job fair” ujar Mirsal.

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan job fair tersebut merupakan salah satu langkah konkrit dalam mengimplementasikan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dalam menurunkan tingkat pengangguran terbuka dan penanggulangan kemiskinan ekstrem. Kegiatan ini dinilai dapat menjadi sarana untuk menjembatani dan menjawab kesenjangan informasi dari perusahaan sebagai pengguna tenaga kerja dengan para pencari kerja di Kabupaten Aceh Barat.

“Insyaallah, kedepan kegiatan seperti ini akan kita jadikan agenda rutin tahunan daerah, dengan menghadirkan lebih banyak lagi perusahaan, BUMN, maupun Badan Usaha lainnya yang ikut berpartisipasi dalam pelaksaaan job fair, sehingga nantinya akan mampu memberikan pengaruh signifikan terhadap penurunan tingkat pengangguran terbuka dan penanggulangan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Aceh Barat” tuturnya.

Selain job fair, lanjutnya, Pemkab Aceh Barat melalui Distransnaker bersama Balai Latihan Kerja (BLK) juga terus berupaya mengurangi angka pengangguran dengan melakukan sejumlah langkah konkrit, seperti melakukan pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja, termasuk melakukan penyebaran informasi penyediaan lapangan kerja melalui pelayanan dan penyediaan informasi pasar kerja online.

“Alhamdulillah, berdasarkan data dari badan pusat statistik, tingkat pengangguran terbuka di kabupaten aceh barat terus mengalami penurunan yang signifikan. pada tahun 2022, tingkat pengangguran terbuka kabupaten aceh barat tercatat sebesar 6,09%, angka ini menurun dibandingkan tahun 2021 yakni sebesar 7,09%.

Disamping itu, dirinya juga mengajak masyarakat khususnya angkatan kerja untuk hadir serta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, serta terus meningkatkan kompetensi dan kemampuan, sehingga dapat memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan tutup Mirsal.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh diwakili Sekretaris Dinas, Irfansyah Siregar, SE.AK.M.Si, mengapresiasi Pemkab Aceh Barat melalui Distransnaker yang telah melaksanakan Meulaboh Job Fair ini guna mendukung program Pemerintah Aceh dalam mengurangi angka pengangguran di Aceh khususnya di Kabupaten Aceh Barat.

Untuk itu, ia mengharapkan kepada para pencari kerja agar bisa memanfaat kesempatan ini dengan maksimal melalui berbagai persiapan matang, penuh komitmen, mengasah skill serta tetap menjaga etika sehingga bisa memenuhi kualifikasi yang ditetapkan oleh perusahaan tandasnya.

Meulaboh Job Fair akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai tanggal 02 s/d 03 Agustus 2023 bertempat di aula Distransnaker Kabupaten Aceh Barat dengan jumlah tenaga kerja yang diterima sebanyak 85 orang pada 27 posisi lowongan kerja sesuai dengan kualifikasi dari masing-masing perusahaan dan badan usaha. Pendaftaran di buka mulai pukul 09.00 WIB s/d 14.30 WIB.

Turut hadir dalam acara tersebut unsur Forkopimda Aceh Barat, para Asisten dan staff ahli Bupati, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh diwakili Sekretaris Dinas, para Kepala SKPK terkait, Camat Johan Pahlawan, para pimpinan perusahaan, serta seluruh peserta Meulaboh Job Fair 2023.

Penulis: saputraEditor: Muhammad Hamzah