Dua Pasar Tradisional di Kota Langsa Terbengkalai, Pemko Diminta Cari Solusi

Kondisi Terkini Pasar Langsa Lama, Gampong Pondok Pabrik, Kota Langsa. (10/8)

Langsa – Pasar tradisional Langsa Baro yang terletak di Gampong Geudubang Aceh kini dibiarkan tidak berfungsi sebagaimana mestinya pasca tujuh tahun diresmikan.

Pasar ini dibangun dengan anggaran dari APBN Ditjen Perdagangan sebesar Rp. 3 Milyar Rupiah dan diresmikan oleh Walikota Langsa Usman Abdullah, SE pada 4 April 2014 silam.

Kemudian pasar tradisional Langsa lama yang berlokasi di Gampong Pondok Pabrik juga terkesan terbengkalai.

Pasar ini diresmikan oleh Wakil Walikota Langsa Marzuki Hamid pada  tahun 2016 dan menelan anggaran Rp. 2.2.800.075.000.

Kadis Perindagkop Kota Langsa Mahlil SH

Kadis Perindagkop Kota Langsa Mahlil SH mengatakan, untuk pasar tradisional Langsa Baro sudah dikontrak oleh pihak ketiga dan operasionalnya tetap berjalan.

Sedangkan untuk pasar Langsa Lama, Mahlil menyebutkan, pihaknya sedang mencari solusi untuk menghidupkan kembali operasional pasar tersebut.

“Dengan bantuan dan saran dari rekan-rekan, kami akan mencari solusi untuk menghidupkan kembali pasar Langsa Lama,” ujar Mahlil singkat.

Manager LSM Komunitas Rumoh Aceh Sukma M Thaher.

Sementara itu, Manager LSM Komunitas Rumoh Aceh Sukma M Thaher menuturkan, pembangunan kedua pasar tersebut terkesan tidak berguna dan tidak efektif.

Pihaknya meminta agar Dinas terkait dan Pemko Langsa dapat mencari solusi alternatif, jangan sampai pasar tradisional ini terbengkalai dan tidak menyumbang distribusi PAD untuk Kota Langsa.

“Berapa banyak dana yang dihabiskan untuk membangun pasar ini, dimulai dari pembebasan tanah hingga pembangunan pasar. Tapi PAD untuk Kota Langsa tidak ada dan ini sia-sia saja pembangunan pasar itu. Ini tugas dinas terkait untuk membuat pasar itu ramai, pertama ramai penjual kemudian ramai pembeli, contohnya dengan menyewakan pasar dengan harga rendah,” urai Sukma M Thaher, Selasa, 10 Agustus 2021.

Pasar Langsa Baro di Gampong Geudubang Aceh. Selasa (10/8).