Daerah  

Asisten II Sekda Aceh Sebut SKALA Mendorong Kepemimpinan Lokal yang Efektif

Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Aceh, Dr. M. Jafar, SH, M.Hum, menyamapikan sambutan pada Rapat Teknis Provincial Program Committee Program Sinergi dan Kolaborasi untuk Akselerasi Layanan Dasar (SKALA) untuk Penyusunan Rencana Kerja Dukungan SKALA Kepada Pemerintah Aceh, di Parkside Hotel, Takengon, Selasa (30/5/2023).

MEDIASATUNEWS | BANDA ACEH – SKALA merupakan program kemitraan antara Australia-Indonesia yang dikelola oleh Bappenas, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan.
Secara garis besar, program ini berfokus pada upaya untuk mendorong kepemimpinan lokal yang efektif.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Sekda Aceh M Jafar, dalam sambutannya pada Rapat Teknis Provincial Program Committee Program Sinergi dan Kolaborasi untuk Akselerasi Layanan Dasar (SKALA) untuk Penyusunan rencana kerja dukungan SKALA kepada Pemerintah Aceh, di Parkside Hotel, Selasa (30/5/2023).

“SKALA berfokus pada penguatan pengelolaan keuangan publik, standar pelayanan minimal, pengarusutamaan gender, inklusi sosial, penguatan pengelolaan sistem informasi untuk perencanaan dan penganggaran yang inklusif dan berbasis data, serta mendorong kepemimpinan lokal yang efektif,” ujar M Jafar.

Saat ini, sambung M Jafar, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Australia, telah menandatangani Subsidiary Arrangement untuk Kegiatan SKALA, pada 30 Maret 2023. Program ini akan diimplementasikan dalam kurun waktu 2023 – 2030 di sejumlah daerah, di mana Aceh salah satunya.

Untuk diketahui bersama, SKALA merupakan Program Kemitraan Australia-Indonesia untuk Akselerasi Layanan Dasar, yang bertujuan untuk mendukung pengentasan kemiskinan serta menurunkan kesenjangan antardaerah melalui efisiensi dan efektivitas kebijakan dan tata Kelola desentralisasi.

“Kehadiran program ini tentu saja layak kita dukung bersama, dan untuk menjalankan program ini, tentu dibutuhkan kerjasama dan sinergi program antar lembaga dan juga tim kerja Pemerintah dan DFAT Australia,” kata M Jafar.

Oleh karena itu, sambung M Jafar, sesuai kesepakatan pada pertemuan awal di Banda Aceh, semua pihak telah menunjukkan komitmen untuk menjalankan program ini.

“Dengan semangat dan komitmen pertemuan awal tersebut, maka hari ini kita kembali melaksanakan pertemuan guna membahas penyusunan rencana kerja dukungan yang akan dijalankan untuk beberapa tahun ke depan. Dengan kata lain, pertemuan ini adalah sebuah langkah maju untuk membahas substansi kerja dan rencana aksi,” kata M Jafar.

Oleh karena itu, M Jafar mengajak para peserta untuk berkontribusi aktif untuk memperkuat penyusunan rencana kerja ini. Kita berharap pertemuan ini bisa merumuskan konsep yang komprehensif tentang rencana aksi ke depan, sehingga program ini dapat terus dijalankan dan mampu mendukung upaya kita menurunkan angka kemiskinan ekstrem di Aceh.

“Semoga pertemuan ini menjadi pemacu bagi suksesnya program ini. Terima kasih kami ucapkan kepada Pemerintah Pusat, dan koordinator program SKALA, serta DFAT dan jaringan kerjanya yang telah menghadirkan program ini di Aceh,” pungkas M Jafar. []

Penulis: saiful anwarEditor: redaksi